Berhemat Listrik


Pemerintah : masyarakat harus hemat listrik !!

Listrik merupakan sumber energi yang sangat diperlukan untuk melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia dimana sekarang ini listrik sudah menjadi suatu kebutuhan utama masyarakat di seluruh dunia terutama di negara-negara industri. Seiring kebutuhan listrik setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan sedangkan sumber listrik itu sendiri tidak mengalami peningkatan malah bisa dikatakan berkurang maka banyak negara yang melakukan kampanye hemat listrik kepada warganya dan ini umumnya terjadi di negara-negara berkembang. Sedangkan negara-negara maju atau industri sendiri umumnya lebih tertarik untuk mencari dan mengembangkan teknologi selain listrik untuk membantu kegitan industrinya. Contohnya dengan mengembangkan teknologi nuklir. Tidak menutup kemungkinan negara-negara berkembang juga bisa mengembangkan teknologi nuklir dan kini memang sudah ada beberapa negara berkembang yang mengembangkan teknologi nuklir. Lalu bagaimana kampanye hemat listrik di negara kita, ya ?

Baru-baru ini kita semua pasti sudah mendengar tentang rencana pemerintah (pln) yg akan menargetkan 100 persen daerah di negeri kita tercinta indonesia akan teraliri listrik bersamaan dengan perayaan 100 tahun Indonesia merdeka. Tapi apakah rencana tersebut akan terlaksana ? Kalian semua pasti tahu kalau daerah di Indonesia saat ini memang belum seluruhnya teraliri listrik. Oleh sebab itu, kita yang sudah merasakan manfaat dari adanya listrik harus berbagi dengan saudara-saudara kita di daerah lain yang belum teraliri listrik dengan cara berhemat listrik. Kalau dari pemerintah sendiri sudah jelas sekali menganjurkan kita sebagai masyarakat harus hemat listrik salahsatunya dengan mengkampenyekan 17.00-22.00. namun sepertinya kampanye yang dilakukan pemerintah kurang mendapat perhatian dari masyarakatnya sendiri. Ini bisa terlihat dengan adanya pemadaman bergilir di beberapa daerah di Indonesia itu berarti bahwa pemerintah kekurangan sumber listrik sedangkan tingkat pemakain listrik masyarakat terus meningkat. Yang mengherankan kita semua adalah kenapa pemerintah melakukan pemadaman bergilir di daerah-daerah yang bisa dikatakan tingkat konsumsi listriknya rendah sedangkan di daerah-daerah perkotaan jarang skali dilakukan pemadaman bergilir padahal tingkat konsumsi listriknya terhitung tinggi dan ini seolah-olah pemerintah bertindak diskriminasi. Selain itu banyak gedung-gedung instansi pemerintah yang tidak memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat dalam pemanfaatan listrik. Untuk contoh kita bisa melihat lampu-lampu yang masih menyala di gedung-gedung instansi pemerintah disaat jam kerja sudah habis

.

Melihat permasalahan yang sedang menimpa pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi sumber listrik, ada baiknya jika kita introspeksi diri apakah kita sudah memanfaatkan sumber listrik untuk kegiatan yang berguna dan positif ? dan yang paling penting apakah kita sudah menghemat listrik ?


0 komentar:

Posting Komentar