Akses Internet Telkom & Speedy Lumpuh akibat Pembangunan Fly Over di Palembang

Akses internet Global milik Telkom di link Sumatera putus, akibatnya pelanggan Speedy dan TelkomNet Instan di Jawa dan Sumatera mengalami gangguan dan tidak dapat membuka beberapa situs luar negeri, seperti Google dan Yahoo. Meski tidak mengganggu situs lokal yang menggunakan server Indonesia.

"Link internet global yang putus adalah link Sumatera dan Jawa, akibat pembangunan fly over di Palembang yang menyebabkan fiber optik milik Telkom putus," kata Communication Manager Telkom Divre V Jatim, Djadi Soegiarto Jumat (29/02).

Terganggunya konektivitas Speedy dan Telkomnet Instan menurutnya, terjadi sejak pukul 07.00 WIB tadi. Meski dijanjikan dalam tiga jam jaringan akan kembali normal, tetapi hingga pukul 13.30 jaringan masih belum dapat diakses.

"Mohon maaf jika akses internet terganggu, saat ini sudah ada upaya pengalihan. Mudah-mudahan segera normal kembali kendati kecepatannya berkurang," katanya.

Djadi juga sangat menyayangkan kecerobohan yang dilakukan pihak pembangun jalan layang di Palembang tersebut. Karena sebelum melakukan penggalian atau pengerjaan proyek, seharusnya mereka berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga hal ini tidak perlu terjadi.

Terputusnya link mengakibatkan sebagian besar warnet di Indonesia yang banyak menggantungkan koneksinya melalui Telkom Speedy, megap-megap.

Ketua Umum Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari) Irwin Day mengatakan, putusnya koneksi internasional sudah terjadi sejak semalam. "Banyak yang baru mengadu ke saya pada pagi ini, soalnya mereka (pemilik warnet-red.) baru sadar pagi ini ketika baru mau buka," ujarnya.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Awari, gangguan koneksi internasional Speedy tidak hanya dirasakan di Pulau Jawa, tapi juga di Makasar. Naasnya, lanjut Irwin, hampir semua para pemilik warnet tidak memiliki back up koneksi. "Jadi saat koneksi mati, bisnis mereka pun mati," imbuhnya. (TR)

0 komentar:

Posting Komentar